GANKSAR KOMPUTER - JL.S.Supriyadi No.112 (Depan Polsek Sukun / 600M Utar Kampus Kanjuruhan) TLP/SMS/WA 088801774270/085234787634"

Service laptop kerusakan tidak tampil

Laptop Tidak Tampil bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di Malang tempat service laptop segala kerusakan salah satunya kerusakan laptop Layar Laptop Tidak Tampil, dan service laptop jenis kerusakan lainnya bisa langsung ke tempat kami Ganksar komputer, yang beralamat di JL. S. Supriadi No.112 (depan Polsek Sukun) kota Malang.
 
 Peta google dan penunjuk arah Service laptop Malang Ganksar komputer

Kerusakan laptop tidak tampil atau bisa disebut juga laptop kerusakan no display. Kerusakan layar tidak tampil ini sangat sering terjadi pada setiap laptop tidak harus merek laptop tertentu. Dan penyebabnya sangat komplek dan pada postingan saya kali ini akan mengulas secara gamblang tentang kerusakan laptop tidak tampil.

Kerusakan laptop tidak tampil adalah disebabkan oleh:

  1. Procecor gagal membaca Memory atau dikenal dengan RAM (Randem Acses Memory). Procecor gagal membaca RAM  bisanya disebabkan oleh kaki RAM yang sudah tidak bagus dalam mengatar arus atau sudah lemah dalam mengantarkan data dari procecor dan atau sebaliknya, jadi untuk solusi yang bisa dilakukan oleh teknisi laptop adalah dengan membersihkan RAM dengan menggunakan thiner atau menggunakan karet penghapus, namun hal itu hanya bisa dilakukan pada laptop yang RAMnya lepasan, namun untuk laptop jenis terbaru kebanyakan RAMnya tanem atau jadi satu dengan motherbod. namun teknisi bisa menarik kesimpulan kerusakan atau masalah RAM tentunya menggunakan Amper meter yang ada pada Power Suplay digital yang digunakan sebagai alat penunjang kerja teknisi service laptop. Hal lainnya yang bisa dilakukan oleh teknisi service laptop dalam menganalisa kerusakan komunikasi RAM dengan procecor adalah dengan melakukan pengukuran beberapa komponen sebagai pendukung kerja RAM dengan procecor. Bila RAM laptop yang jenis tanam atau yang jadi satu dengan motherbod teknisi laptop harus melakukan anlisa panjang untuk menentukan ic memory RAM yang mana yang bermasalah, jadi karena jenis rangkaian RAM ini pararel maka si teknisi service laptop harus jeli dalam melakukan analisanya. Dalam masalah komunikasi antara RAM dengan procecor ini bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada procecor, jadi untuk procecor mulai jenis hazwel hingga core X-series ini sangat didominan procecor tanam atau jadi satu dengan motherbod, langkah awal yang pasti dilakukan oleh tenisi service laptop dalam mengeksekusi kerusakan seperti ini adalah melakukan rebool atau penggantian timah kaki procecor atau timah kaki RAM tanam. Kenapa teknisi service laptop melakukan rebool?. jawabannya karena semakin lama atau semakin besar beban laptop atau semakin sering panasnya laptop karena pekerjaan yang dibebankan pada laptop maka semakin kurang pula daya kerja suatu komponen atau timah pengantar data dan arus pada setiap komponen atau pada sebuah cip procecor, pada ic cip memory, dan pada chipset vga laptop. Proses rebool ini memerlukan alat yang memadai untuk melakukan eksekusinya.
  2. Kerusakan pada VGA (Video Graphics Array). Kerusakan pada VGA ini tentunya memerlukan anlisa yang panjang juga agar si teknisi service laptop baru bisa menentukan yang masalah VGAnya atau procecornya, jadi disini penyebabnya adalah VGA gagal mengirim data dari VGA ke procecor dan atau sebaliknya, untuk melakukan analisa kerusakan ini tentunya teknisi service laptop menggunakan PSU digital yang dapat membaca kerja amper motherbod laptop. Selain menggunakan amper meter teknisi laptop juga harus melakukan analisa yang tidak gampang yaitu dengna mencari alur data dan rangkaian pendukung kerja procecor dan VGA apakah bekerja dengan baik atau tidak, namun bila sudah dipastikan rangkainnya bekerja dengan baik barulah teknisi service laptop melakukan eksekusi berupa proses penggantian chipset VGA atau melakukan rebook VGA atau merebool Procecor laptop tersebut. disini syaa menjelaskan sedikit tentang VGA, jadi Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
  3. Kerusakan BIOS. Disini saya coba menjelaskan sedikit tentang apa itu BIOS. BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST) Memuat dan menjalankan sistem operasiMengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services. BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS. Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος). Jadi setelah saya menjelaskan apa itu BIOS jadi anda bisa menarik kesimpulan bahwa fungsi BIOS sebagai apa dan buat apa BIOS itu. Teknisi laptop dalam melakukan penggantian file BIOS tentunya membutuhkan file BIOS yang benar benar fix, bila file BIOS tadan tepat tentunya motherbod laptop tidak akan bisa bekerja dengan baik nantinya atau bahkan laptop bisa mati total bila dikarenakan kesalahan pada file BIOS tersebur. Untuk melakukan pengisia file BIOS tentunya membutuhkan alat pembaca EPROM programer.
  4. Kerusakan SIO / KBC. SIO atau KBC  dalam bahasa schematic adalah sebagai Super Input Output yang berfungsi untuk meneruskan kerja yang telah diperintahkan oleh procecor dan  VGA untuk dan untuk memerintahkan atau melaporkan kerja procecor, VGA dan Batrei dan lain lainnyam karena disini kita sedang mebahas tentang laptop tidak tampil jadi seputaran IO ini saya hanya menjelaskan tentang fungsinya pada perintah display saja. Dai SIO memerintahkan VGA dan procecor untuk menampilkan gambar, dari SIO juga yang    memerintahkan motherbod laptop untuk menyalakan lampu LED pada layar LED laptop. Jadi untuk melakukan analisa kerusakan pada motherbod laptop membutuhkan schmeatic atau bordview sebagai penunjang analisa kerusakan dan mencari arah komponen bekerja serta jalur arus dan data pada motherbod laptop.

Maaf karena keterbatasan waktu jadi saya tidak bisa meneruskan secara rinci, tapi yang pasti akan saya terukan menulis tentang kerusakan laptop tidak tampil kelayar ini.

Bagi anda yang berada di kota Malang bila anda mengalami kerusakan laptop dengan segala keluhan kami Ganksar service laptop Malang bersedia membantu permasalah laptop anda, yang pasti di tempat kami Ganksar komputer, setiap ada laptop yang masuk untuk di service akan dilakukan pengecekan awal yang dulakukan saat serah terima laptop atau bila kerusakannya ringan bisa ditunggu dan atau bila kerusakan laptop anda tergolong berat pasti kami ankan memberikan nota tanda terima yang nantinya akan melakukan pengecekan secara mendetil dan bila telah ditemukan kerusakan maka pihak teknisi akan mengonfirmasikan kepada anda untu menyampaikan bahwa laptop anda kerusakan pada titik mana dan sekaligus dengan basumsi biaya yang harus anda keluarkan dan disiapkan, adapun setelah mengonfirmasi kerusakan laptop maka anda sebgai pelanggan dapat menentukan apakah terus dilakukang pengerjaan atau tidak dengan biaya atau tarif yang kami tentukan, dan apa bila anda berkenan untuk melanjutkan pengerjaan maka kami akan melakukan pengerjaan service laptop anda, namun bila anda tidak berkenan untuk melanjutkannya mungkin dikarenakan oleh satu dan lain hal, maka laptop akan segera kami rakit kembali dan dapat diambil kembali tanpa dikenakan biaya. Laptop dikembalikan dengan posisi seperti semula dan kami biasanya meminta waktu satu hari setelah kongfirmasi untuk melakukan perakitan kembali, dan bila tekah selesai dirakit maka kami akan mengabarkan kembali bahwa laptop anda sudah bisa diambil.